Welcome

We Write And We change!

Sabtu, 25 Februari 2012

Lemas ?


 
Sumber Gambar: http://chok3y-aksesoris.blogspot.com/2011/10/mengatasi-rasa-lelah-letih-lemas.html

Mengapa semangatmu tak kunjung jua? Itulah pertanyaan seseorang ketika melihat rekanya yang sedang berada dalam energy yang berada di bawah level standart.

Coba hitung oleh anda ada berapa banyak orang yang sedang berada di bawah level standart tersebut? Yang anda lihat minimal di hari ini, 1-2? Sedikit? Banyak? Pernahkah kita bertanya apa & mengapa terhadap orang-orang tersebu bias lemas? Sakitkah? Hilang motivasi? Hilang inspirasi? Yup! Semua pertanyaan yang mengarah pada energy minus/ negatif adalah benar, lemas merupakan hilangnya sesuatu dari tempat asalanya, dalam hal ini kata lemas sangat cocok diidentikan dengan mahkluk hidup, bukan mesin yang terkadang memiliki sifat yang stagnan, sungguh kita berbeda darinya, makluk hidup adalah karya ciptaan Alloh yang luar biasa, yang dapat memberikan kehidupan baik bagi sesama makluk hidup maupun benda mati,  right? Bahkan jasad makhluk hidup yang sudah mati pun masih dapat memberikan kehidupan, luar biasa bukan? Anda adalah pribadi yang luar biasa yang dicipakan oleh Alloh, yuk mari kita tidak menyia-nyiakan hasil yang telah diberikan oleh Alloh sebagai makhluk yang luar biasa.


Ini itu ini itu, kemauan kita tak pernah terwujud oleh Alloh? Ya itulah yang selalu dalam benak fikiran atau bahkan perasaan sebagai mahluk Alloh terutama manusia, jika kita meihat hewan mereka tak pernah mengeluh sedikitpun karena mereka diciptakan sebagai hewan, contoh nyamuk, ada yang mengetahui hidup nyamuk selalu ada dalam keadaan bahaya setiap saatnya? Nempel sana nempel sini, apakah nyamuk protes diciptakan sebagai seorang nyamuk, atau cicak yang nempel di didinding yang kita masih ingat lagunya… J apakah cicak protes dengan keadaanya tentang pembagian rezeki mencari makanannya? Boleh jadi ketika cicak mengeluh: Ya Alloh hewan yang lain kok gampang bener ya, manusia juga enak banget cari makanan,  lah gua cumin nempel-nempel aje nih di dinding susah bener cari makananya, apalagi ni ruangan abis disemport ame obat nyamuk lagi, mane ade nyamuk yang mau nyamperin, ya udah lah ane berhenti aje bekrja sebagai seorang cicak, ane mau resend aje dah… but apakah cicak mengatakan hal yang sedemikian? J tidak bukan cicak sejati namanya kalo resend dari pekerjaan kecicakanya yang menempel di dinding… berikhtiar, berusaha mencari makananya di didinding dengan sabar dan penuh antusias dan competent dalam bidangnya hap lalu ditangkap, maka setiap rezeki dari tiap makhluk sudah Alloh beri bagianya masing-masing… so iulah nyamuk & cicak alangkah lebih bijaknya kita bias lebih belajar untuk memahami kedua mahluk ciptaan Alloh yang keadaan tubuhnya ebih kecil di banding manusia, kekuatanya, energinya pun begitu, so mereka pun tah mudah dan gampang menyerah, & gak gampang lemas.

Gairah itulah rangsangan bagi orang yang lemas, gairah apapun itu, untuk melakukan suatu job maka haruslah memiliki gairah, munculnya gairah itu dari motivasi untuk melakuakan “sesuatu” : kata syahriri, niat yang lurus serta tulus, serius, namun santai, minimal perencanaan di depan bisa sedikit terukur sebagai usaha dalam penyusunan planingnya(ilmu), dan tetap fleksibel, sehingga menghasilkan gerakan-gerakan, maupun irama-irama yang indah & konstan/ istiqomah untuk mencapai tujuan, demi tercapainya tujuan yang telah disepakati secara bersama, ya bersama sebagai makhluk social, membutuhkan interaksi dengan yang lain secara manusiawi untuk memunculkan suatu gairah dan rangsangan, baik dari ucapan maupun tindakan seara terorganisisr, tapi sekali lagi haruslah dengan strategi yang matang & tidak menentang dari sudut pandang manapun, orang yang bergairah akan merasakn kebahagiaan, ceria, segar, bugar, kata lain dari gairah adalah memiliki ruhani yang hidup, ruh yang selalu diberi nutrisi kehidupan, sehingga mampu unuk melaksanakan pekerjaan pekerjaan yang jarang dilakukan oleh orang yang bernotabene lemas/ tak bergairah, gairah ini timbul pula dari fator keseimbangan ketika menjalani kehidupan yang sehat, pola hidup yang sehat sangat mempengaruhi kesehatan baik secara fisik dan mental, bedakah orang yang sering mengkonsumsi yang layak untuk di kosumsi dengan mengonsumsi sesuatu yang tidak layak dikonsumsi?, ya jelas berbeda! yang layak pasti akan bergizi baik bagi si tubuh penerima, sedangkan yang tak layak akan menimbulkan efek samping atau bahkan lebih bahayanya lagi akan menjadi racun bagi yang mengkonsumsi,  walaupun di awalnya indah dan menggoda namun jaminan akhir tak menjamin secara pasti, tak berasurasi, dan tak bergaransi, tak pasti, hany promosi dan godaan sementara, ya raihan untungnya pun secara sementara pula.

Keseimbangan patut diperhatikan dalam memanage kehidupan, dan manusia layak mendapatkan potensi serta karunia lebih ini dari Alloh. ya management kehidupan, keseimbangan dan management sangat berkaitan seperti sebuah air dengan arusnya, atau sebuah api dengan panasnya, ya keseimbangan dalam memahami sesuatu bentuk pola kehidupan, dari jasad, hati serta fikiran, lengkap dan kompleks, tak kurang dan tak lebih, cukup sesuai yang dibutuhkan, pola makan, pola olahraga, pola membaca yang memberikan dampak yang positive, pola tidur, dan pola-pola lain yang harus dijaga, temasuk ibadah untuk menjernihkan hati serta fikiran dalam tubuh. Diri kita sendiri memiliki haknya sebelum digunakan dengan baik dan dengan cara yang baik, haknya untuk sehat secara keseluruhan dan seimbang, boleh jadi pola kesimbangan antar 1 indvidu dengan individu yang lain tidaklah sama. Ya dan pasti berbeda! Karena kitaun diciptakan dalam waktu yang berbeda, dari tempat yang berbeda pula, sudah jelas secara otomatis pebedaan itu pula yang mempengaruhi identitas kita secara fisik, yang kembar identik sekalipun sudah pasti memiliki perbedaan walaupun sulit untuk dideteksi secara kasat mata secara langsung, keseimbangan ini pula yang mengatur berhasil atau tidaknya someone dalam mencapai tujuanya, ibarat sedang mengendarai sepedah/ motor; orang yang seimbang maupun yang sudah mahir akan jelas berbeda dengan yang masih pemula, dan itu perlu kita sadari. Keseimbangan ini pula menjaga diri kita dari effek eksternal yang membawa unsure negative, biasanya orang yang sudah teratur dalam pola hidupnya tidak mudah terpengaruh oleh hal negative dari luar justru kekuatan keseimbanganya dapat merubah lingkungan luar menjadi dalam kendalinya yang positif, kekuatan keseimbangan itu sekali lagi mutlak untuk diperlukan, dalam bahasa arabnya disebut dengan tawazun.   

Biasakanlah boleh jadi kehidupan yang mulia ini kita manfaatkan mulai dari diri-sendiri, mulai dari hal yang paling kecil, dan mulai lah pada saat ini kutipan bahasa AA Gym, terimakasih kepada beliau yang membantu dalam memberikan inspirasi bermanfaat yang telah mencapai lingkungan yang lebih luas, berpengaruh positive luas diluar dari unsure yang negatifnya, karena sekali lagi ternyata kita ini hanyalah pribadi manusia yang kadang khilaf maupun lupa, kita butuh unsure lain yang menciptakan kehidupan ini jauh lebih more better,  ada input dan output, menyimpan input terlalu banyak bisa menekan dan sakit, juga terlau banyak output bisa menyebabakan pula dengan kelelahan apalagi dari unsure yang negative, pemberian waktu yang tepat di momentum yang jelas dan sering serta bekelanjutan akan memberikan efek yang luar biasa dan istimewa, dan manusia akan mudah mengingat pada efek dan momentum tersebut secara otomatis biasanya tanpa harus banyak diperintah lagi.  

So marilah kita menjadi manusia yang bergairah terutama bagi sendiri dan lingkungan sekitar sehingga memberikan efek jangka waktu yang lama dengan feedback yang baik J
Salam cinta untuk semua, salam sejahtera
Assalamulaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Penulis,
Amalul Ahli sudira
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar