Welcome

We Write And We change!

Rabu, 16 November 2011

Manfaat dari menulis

Gambar Ilustrasi

melanjutkan tulisan dari link:
http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150433043082628

Alhamdulillah...
sebelum saya menulis saya berterimakasih kepada orang me like note judul saya yang sebelumnya

di: http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150433043082628

serta ada pula yang berkomentar dari saudari Heti Herdiana yang berkata: aslm.. akang .. terimakasih ya atas informasinya.. ceritanya sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi saya .. :)

lalu saya jawab dengan kata: Sama-sama

ucapan terima kasih pula diucapkan kepada yang telah men share di note sebelumnya
Semoga bermanfaat bagi kalian semua (baik tanggapan yang bersifat membangun dari fb, blogg maupun akun jejaring sosial yang lainya)

oke back to the topik
dalam topik kali ini saya akan menggunakan kalimat "Manfaat dari menulis"
ada yang sudah tau manfaat dari menulis?
(boleh jadi salah satunya adalah diri anda yang sudah mengetahuinya)

yup boleh jadi sebagian besar dari para pembaca yang bijak sekalian sudah banyak mengetahui manfaat dari menulis
dan saya di tulisan ini hanya akan sedikit menambahkan saja :)

menurut saya pribadi ada banyak sekali manfaat dari menulis
salah satu contohnya adalah: memberikan ilmu (dapat berupa hikmah, nasihat, maupun informasi)
salah dua contonya adalah: memberitahukan kondisi pribadi maupun lingkungan...
salah tiga, empat dst. nya silahkan lanjutkan sendiri ya... hehe

tulisan merupakan kata sandi/ kode dalam berkomunikasi (bagi manusia khususnya) dan ada sebagian hewan maupun tumbuhan (saya lupa lagi apa namanya?) yang menggunakan simbol tulisan, contohnya: cakar singa pada batang pohon untuk menandai daerah kekuasaanya.

kata sandi dan kode ini bisa berupa numberik (0123456789 dsb.) maupun huruf abjad (a s.d. z plus tanda baca) ada pula simbol-simbol yang boleh jadi tidak sering kita lihat atau hanya sebagian yang bisa membacanya seperti tulisan hyeroglph mesir kuno (baca: zaman dahulu) dan masih banyak yang lainya yang belum kita ketahui seperti kata sandi untuk badan/ organisasi intelegent(mata-mata) tertentu dan pasukan keamanan negara tertentu.

(di pramuka dahulu saya mengenal kata sandi berupa semaphore & morse)

sebenarnya ada pula manfaat dari menulis adalah membuat yang menulis menjadi bergerak dan setidaknya berfikir (secara nilai positif ini merangsang sel-sel otak yang menulis maupun yang akan menulis untuk memilih kata-kata yang tepat, mudah difahami, dan bermakana (ini pula adalah awal mula dari kecerdasan lingusitik: bahasa)) walaupun ada pula yang menurut saya terlalu lebay (baca: berlebihan) jika ada yang terlalu mengungkapakan kata-kata cacian maupun keluhan dalam suatu tulisan maupun kata-kata yang kurang begitu jelas pengertian & tujuanya (tanpa penjelasan lebih lanjut) contohnya adalah kata: sesuatu... (?)/ itu... (apa?/ yang mana?) dan feed back bagi penulis yang GJ (Gak Jelas) adalah pertanyaan yang senada berbunyi: maksudnya? , oke bagus udah bisa menulis dan perlu diperhatikan lagi apa yang anda tulis itu suatu saat akan menjadi feed back bagi diri anda sendiri :), (kalo gak jelas maka feed back nya adalah ketidak jelasan pula bagi sang penulis)

kalo ada yang bilang "anda adalah apa yang anda fikirkan", boleh jadi jika saya boleh menambahkan di topik ini kalimatnya sedikit mengalami perubahan dan berbunyi "diri anda adalah apa yang anda tuliskan" :)

so, be carefull agan-agan & sista-sista yang akan memulai dirinya untuk menulis baik itu di note, blogg, atau yang lainya (contoh update status & comment), bagi yang sudah "terlambat" menuliskan suatu tulisan yang hanya sekedar cacian maupun keluhan saja (tanpa ada solusi & kontribusi yang real/  cuma bisa OMDO tanpa ada kerja & karya) masih ada kesempatan untuk di edit lagi, diperbaharui maupun di delete sebelum terbaca oleh orang-orang, dan yang pada akhirnya akan kembali menjadi persepsi yang kurang bermakana bagi agan-agan & sista-sista sekalian.

dikala jari ini mengetik lalu teringat dengan ucapan seorang ulama yang super sibuk sehingga tak sempat menyempatkan waktu untuk menulis, dalam ikrarnya beliau berkata: "Saya tidak akan membuat tulisan-tulisan maupun buku-buku namun saya (InsyaAlloh) akan mencetak orang-orang yang menuliskan (membukukan) risalah-risalah Alloh", ulama itu bernama Hasan Al-Banna.

manfaat menulis yang lain adalah menyebarkan ilmu pengetahuan (bermanfaat) untuk bekal inspirasi di hari esok
(karena apa yang kita taman dan rawat sekarang akan kita petik di hari yang akan datang)
selamat menulis, berikan yang terbaik untuk ummat manusia dan alam sekitar
semoga bermanfaat dan ter-INSPIRASI :)

NB: mohon komentar yang membagun :)

-TO BE CONTINUE-
(berharap bisa menginpirasi dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat (lagi) di lain waktu)

"jika kurang mohon ditambahkan, jika bermanfaat mohon untuk disebar luaskan"
ada yang mau meninggalkan jejak?
Saya ucapkan Alhamdulillah... & Terimakasih atas segala bentuk perhatianya dari para pembaca sekalian :)

Rabu, 16 November 2011
Penulis: Amalul A. Sudira
Tempat: WARNET ANUGERAH 26
Pukul: 10.35
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar